October 16, 2008

Contoh proposal PKM

Download contoh proposal PKM di sini.

Catatan:
Proposal PKM harus jadi sebelum Oktober.

Read this post till end

Silahkan klik soal-soal IMO koleksi:

1990 [go]
1991 [go]
1992 [go]
1993 [go]
1994 [go]
1995 [go]
1996 [go]
1997 [go]
1998 - 2001 [go]

Tunggu upload lagi dari saya.

Read this post till end

October 15, 2008

Free download soal olimpiade - 2007

Soal seleksi olimpiade matematika SD/MI Jawa Tengah tahun 2007 dapat di download di ardhiprabowo.blogspot.com

seleksi tingkat kabupaten [go]
seleksi tingkat propinsi - 40 besar - tahap 1 [go]
seleksi tingkat propinsi - 40 besar - tahap 2 [go]
seleksi tingkat propinsi - 15 besar - tahap 1 [go]
seleksi tingkat propinsi - 15 besar - tahap 2 [go]
seleksi tingkat propinsi - 3 besar - tahap 1 [go]

Read this post till end

Soal olimpiade matematika SD propinsi Jawa Tengah Tahun 2008 dapat didownload gratis di ardhiprabowo.blogspot.com

seleksi tingkat kabupaten. [go]
seleksi 40 besar - propinsi - TAHAP 1. [go]
seleksi 40 besar - propinsi - TAHAP 2. [go]
seleksi 15 besar - propinsi [go]
seleksi 3 besar - propinsi - SET 1 [go]
seleksi 3 besar - propinsi - SET 2 [go]

Sementara ini dulu, nanti tunggu upload dari saya.
terima kasih.

Ardhi Prabowo.

Read this post till end

Mau download gratis soal seleksi anak cerdas istimewa dan bakat istimewa khusus untuk matematika silahkan download di sini:

tahap 1 - [go]
tahap 2 - [go]

catatan:
Saya sungguh trenyuh melihat anak-anak kelas akselerasi yang didikutkan seleksi pada tanggal 15 s.d. 16 Agustus 2008. Saya kemudian bertanya-tanya, apakah demikian ini anak yang dikatakan cerdas istimewa? Kalau memang iya, tentunya saya menjadi sangat trenyuh lagi dengan pendidikan di Jawa Tengah.
Bayangkan...
Ketika anak cerdas masih saja belum dapat mengaplikasikan konsep volume benda ruang, apalagi anak yang ada di desa, yang bukan kelas akselerasi, yang tidak ada laboratoriumnya di sekolah, yang kelasnya bocor karena hujan dan panas, yang dindingnya tak bersemen, yang berangkat tanpa alas kaki, yang untuk membayar sekolah pun ayahnya harus banting tulang memeras keringat menjual sapi-sapinya.
Bagaimana ini????

Mari ibu bapak guru yang saya hormati, kita bersama-sama membangun bangsa ini, gaji dunia memang penting, tapi membangun rumah di akhirat sungguh lebih membahagiakan kita semua. Prestasi anak cukuplah menjadi penghibur kita di kala sedih. Ta k perlu prestasi dengan hadiah dan prestise yang luar biasa, cukup prestasi dengan memahami ilmu yang kita berikan.

Rekan kami berkata, jangan pernah mengajar siswa anda karena para siswa pasti tidak akan pernah belajar, tapi ajaklah para siswa belajar, maka anak pasti akan belajar.

terima kasih, sekian renungan hari ini, dengan keikhlasan yang besar, insya allah semua yang kita lakukan pasti di rahmati Allah dan akan memperoleh pahala yang tak sedikit. Maha suci Allah.

Read this post till end

(Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNY)
(ISBN: 978-979-25-0712-6)
(PM-2 Page: 21-38)

A. PRABOWO
Jurusan Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang
Telp. 0818240132, Email : ardhiprabowo@gmail.com

Abstrak

Mahasiswa jurusan matematika UNNES mengalami kesulitan dalam mendefinisikan konsep-konsep dasar dalam geometri ruang. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Prabowo (2004) bahwa geometri adalah salah satu pokok bahasan dalam matematika yang bersifat abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tertuang dalam pertanyaan apakah pembelajaran memanfaatkan media SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran geometri ruang dengan memanfaatkan software SWiSH 2.0 dan SWiSHmax; (2) mengetahui ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving dalam mata kuliah geometri ruang; dan (3) membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran geometri ruang dengan memanfaatkan SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving lebih baik daripada pembelajaran geometri ruang dengan ekspositori. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil nilai signifikan F adalah 0,123 > 0,05 artinya tidak signifikan, artinya Varians data dianggap tidak ada perbedaan yang signifikan. Dipilih statistik dengan equal varians assumed. Nilai signifikan 2-tailed adalah 0,000 <> 0,05 artinya tidak signifikan, artinya Varians data dianggap tidak ada perbedaan yang signifikan. Dipilih statistik dengan equal varians assumed. Nilai signifikan 2-tailed adalah 0,613.

Silahkan klik untuk download full papernya.

Read this post till end

(Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika Pascasarjana UNNES, 16 Januari 2008)

A. PRABOWO
Jurusan Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang
Telp. 0818240132, Email : ardhiprabowo@gmail.com


Abstrak

Perkembangan teknologi yang semakin mutakhir dan luas memaksa orang untuk menerima teknologi dalam kehidupan mereka. Hampir semua aspek kehidupan bersentuhan dengan teknologi. Tiga sampai empat tahun mendatang bahkan bukan hal yang mustahil jika siswa sekolah dasar sudah akrab dengan laptop dan menggunakannya dalam pembelajaran. Reformasi pendidikan dalam rangka menghadapi serbuan teknologi semakin penting untuk dilakukan. Untuk mengawali gerakan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan transformasi peraga ke dalam bentuk animasi 3dimensi. Sebagai langkah awal transformasi akan dilakukan dari peraga geometri sebelum menginjak bidang yang lainnya. Makalah ini akan membahas mengenai bagaimana melakukan transformasi peraga benda menjadi bentuk animasi dengan menggunakan software 3DSmax 7.

Klik untuk mendownload full article.

Read this post till end

(Paper presented on International Conference on Mathematics and its Application)
(July, 24 s.d. 27, 2007)

Abstract.
Batik is one of original Indonesian cultural art. Combining with the beautifulness of mathematics, there are innovative motifs of batik based on mathematics. The Julia Set graph is one that shows how beautiful mathematics. By using Maple 7TM, the Julia Set graph can be drawn as new innovative batik motifs. The result of this innovative batik motif will be given to the Kampoeng Batik, a place to develop batik in Wiradesa, Pekalongan. In this paper, it will be explained how to make batik motif based on Julia Set Graph.

Keywords: Juliet, Julia Set Graph, Batik Motif

Interesting? just download the full paper here.

Read this post till end

Free download - Skripsi 2004

Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.

Mau download gratis skripsi dengan judul:
Pengaruh penggunaan media visual compact disc terhadap hasil belajar siswa SD petompon 5, 6, 7, pada pokok bahasan pengukuran luas, keliling, dan berat serta pengukuran waktu.

bisa klik di:

Bab I - [go]
Bab II - [go]
Bab III - [go] NB: mungkin tidak bisa dibuka karena file error.
Bab IV - [go]
Bab V - [go]

Catatan penulis:
Mohon untuk dapat menuliskan nama saya pada daftar pustaka anda dan jika anda ingin mencari referensi awal, anda dapat meninggalkan pesan pada skrip ini.
terima kasih.
Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh.


Ardhi Prabowo.

Read this post till end

October 14, 2008

Free download - Tesis 2008

Assalamu'alaikum.

Mau download gratis tesis - UNNES - tahun 2008 dengan judul:
Keefektifan Model Pembelajaran Bernuansa Problem Based Learning berbantuan Media Film dan Aplikasi 3DSmax terhadap Penguasaan Kompetensi Mahasiswa Mata Kuliah Geometri Ruang.

silahkan kilk di:

Bab I - [go]
Bab II - [go]
Bab III - [go]
Bab IV - [go]
Bab V - [go]

Untuk lampiran dan content instrumen akan di upload nanti.

Catatan penulis:
Mohon dapat menuliskan nama saya pada datar pustaka saudara jika menggunakan teori-teori dalam tesis saya. Jika saudara mengehendaki memiliki makalah asli sumber referensi, dapat menghubungi saya pada skrip ini.
terima kasih.

wassalamu'alaikum.

regards,
ardhi.

Read this post till end