(Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UNY)
(ISBN: 978-979-25-0712-6)
(PM-2 Page: 21-38)

A. PRABOWO
Jurusan Matematika
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Negeri Semarang
Telp. 0818240132, Email : ardhiprabowo@gmail.com

Abstrak

Mahasiswa jurusan matematika UNNES mengalami kesulitan dalam mendefinisikan konsep-konsep dasar dalam geometri ruang. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Prabowo (2004) bahwa geometri adalah salah satu pokok bahasan dalam matematika yang bersifat abstrak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah tertuang dalam pertanyaan apakah pembelajaran memanfaatkan media SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ekspositori? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) mengembangkan media pembelajaran geometri ruang dengan memanfaatkan software SWiSH 2.0 dan SWiSHmax; (2) mengetahui ketertarikan mahasiswa dalam pembelajaran dengan memanfaatkan SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving dalam mata kuliah geometri ruang; dan (3) membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa pembelajaran geometri ruang dengan memanfaatkan SWiSHmax dengan pendekatan mathematics problem solving lebih baik daripada pembelajaran geometri ruang dengan ekspositori. Berdasarkan perhitungan diperoleh hasil nilai signifikan F adalah 0,123 > 0,05 artinya tidak signifikan, artinya Varians data dianggap tidak ada perbedaan yang signifikan. Dipilih statistik dengan equal varians assumed. Nilai signifikan 2-tailed adalah 0,000 <> 0,05 artinya tidak signifikan, artinya Varians data dianggap tidak ada perbedaan yang signifikan. Dipilih statistik dengan equal varians assumed. Nilai signifikan 2-tailed adalah 0,613.

Silahkan klik untuk download full papernya.

0 comments:

Post a Comment